SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA rojid.blogspot.com .SEMOGA BERMANFAAT

Cara mengganti background foto{MERAH}


Cara mengganti warna background foto dengan photoshop. Lagi-lagi panjang sekali judulnya. Kontennya juga panjang. Itulah yang akan saya 'share' pada postingan kali ini. Kenapa kita perlu mengganti warna background foto di program  Adobe photoshop CS ?
sebelum
sesudah



Alasannya tergantung kita, mungkin untuk kepentingan estetika biar lebih sesuai dengan selera, atau untuk memenuhi persyaratan administrasi tertentu misalnya dalam pembuatan foto KTP yang mengharuskan warna latar merah atau biru. Demikian juga untuk foto SKCK yang mengharuskan warna  merah. 

Bagaimana cara mengganti/mengubah/merubah/menyulap/mengedit/mencetak/mengeprint warna  latar belakang foto biru menjadi merah dengan program Adobe Photoshop?


CARA MUDAHNYA :

1. Buka file foto/gambar
2. Klik Set Foreground color
3. Pilih warna baru
4. Klik Brush Tool
5. Sapukan pada background foto
6. Agar lebih detail  perbesarlah gambar dengan Zoom (tekan  Ctrl + Alt + Scroll mouse);
7. Jadi.


SINGKATNYA

1. Buka foto : klik File > Open
2. Seleksi background foto yang akan diganti : klik kanan Lasso Tool (L) > Poligon Lasso Tool > Klik seluruh    batas tepi     background  foto.
3. Pilih warna baru yang diinginkan : klik Set Foreground color > klik warna yang kita inginkan.
4. Klik Paint Bucket Tool (G). >> Pada option (atas) pilih Foreground, Mode : Normal, Opacity : 100 %, Tolerance : 255  
5. Klik latar belakang foto/gambar
6. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
7. Jadi 


LENGKAPNYA :

A. Buka foto .
Kali ini saya mengambil contoh sebuah pas foto berukuran 3x4 cm dengan warna background foto biru. Anda dapat memilih file foto yang mana kita akan mengubah warnanya sesuai dengan keinginan. Caranya  Klik File > Open > klik file foto yang akan kita edit > klik open

B. Seleksi bagian foto yang akan kita ubah warnanya .
Seleksi berguna untuk membatasi area kerja kita. Caranya yaitu menggunakan Lasso Tool (L) atau Pen Tool atau dengan Magic  Wand Tool . Dengan memakai Lasso Tool hasil seleksi terlihat kasar terutama  pada bagian sudut area seleksi. Sehingga hanya cocok dipakai untuk edit foto berukuran kecil. Kenapa, karena secara kasat mata tingkat kekasaran hasil seleksi dengan Lasso Tool tidak begitu nampak. Lain halnya bila akan mengedit foto/gambar berukuran besar lebih cocok memakai Pen Tool.  Magic Wand Tool  lebih cocok digunakan untuk foto  dengan backoground yang batas dengan sekelilingnya  sangat  nyata dan jelas. Klik gambar dibawah agar lebih besar dan jelas.

C. Cara seleksi
Saya ambil contoh cara seleksi background photo menggunakan Poligon Lasso Tool karena ukurannya termasuk kecil. Caranya klik kanan Lasso Tool > pilih Poligon Lasso Tool > Klik pada batas tepi terluar dari latar belakang foto > geser cursor yang berbentuk Poligon Lasso Tool ke sebelahnya sehingga benang pembatas seleksi tepat di batas tepi latar lalu klik >  lakukan terus ke seluruh batas tepi background hingga kembali ke klik pertama. Bila salah posisi klik kita dapat membatalkan dengan klik Del. Untuk hasil lebih detail dan rinci perbesar saja dengan  Zoom  caranya klik Control dan + (plus) bersama-sama. Silahkan klik gambar di atas untuk memperbesar !


D.Langkah selanjutnya
Pilih salah satu cara mengganti background foto dengan Photoshop di bawah ini  :

MEMAKAI PAINT BUCKET TOOL
  1. Mengeset  warna : klik Set Foreground Color  > klik warna pada Kotak Color Picker sesuai warna yang kita inginkan. Cara lain : Klik Eyedropper Tool  > klik warna pada sembarang file foto yang telah terbuka sesuai warna yamg kita inginkan.  Cara lain lagi  langsung klik warna pada palet Swatches. Untuk menampilkan Palet Swatches : klik menu Window > Swatches.  Pada contoh ini saya pilih warna merah. Anda dapat memilih warna sesuai keinginan, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. bahkan hitam atau putih pun bisa.
  2. Klik Pain Bucket Tool > pada option pilih Foreground Color sebagai source for fiil area ; pilih Mode = Nomal ; opacity diisi 100% ; Tolerance diisi maksimun 255 agar sempurna pewarnaannya. (Selanjutnya pilihan option dapat anda kembangkan sendiri sesuai kebutuhan).
  3. Klik background foto/gambar dengan Paint Bucket Tool tadi.
  4. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  5. Jadi

MEMAKAI BRUSH TOOL
  1. Mengeset  warna :  Caranya sama dengan cara sebelumnya.
  2. B. Klik Brush Tool > pada option klik  Brush Preset  Picker > atur ukuran brush dengan mengatur slider pada master diameter dan hardness sesuai kebutuhan. Langkah singkatnya (Shortcutnya : tekan  [  untuk mengecilkan ukuran Brush : tekan ] untuk memperbesar ukuran Brush : tekan Shift + [ untuk mengurangi ketajaman brush ; tekan Shift + ] untuk menambah ketajaman brush  : pilih mode = normal ; Opacity = 100 % ; Flow = 100 . 
  3. Sapukan dengan Brush Tool tadi pada area seleksi dalam hal ini background foto.
  4. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  5. Jadi


MEMAKAI TOMBOL DELETE
  1. Mengeset warna . Berbeda dengan cara-cara sebelumnya (yakni lewat foreground color),  pada cara ini pemilihan warna adalah melalui klik Set Background Color > pilih warna yang diinginkan sama seperti cara-cara sebelumnya. Yaitu : klik warna pada Kotak Color Picker sesuai warna yang kita inginkan. Cara lain : Klik Eyedropper Tool  > klik warna pada sembarang file foto yang telah terbuka sesuai warna yamg kita inginkan.  Cara lain lagi  langsung klik warna pada palet Swatches. Untuk menampilkan Palet Swatches : klik menu Window > Swatches.  Pada contoh ini saya pilih warna merah.
  2. Klik tombol Del pada keyboard.
  3. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  4. Jadi.
MEMAKAI ERASER TOOL ( E )
  1. Mengeset warna. Caranya : sama dengan cara sebelumnya yaitu lewat Set Background Color.
  2. Klik Eraser Tool > pada option klik  Brush Preset  Picker > atur ukuran brush dengan mengatur slider pada master diameter dan hardness sesuai kebutuhan. Langkah singkatnya (Shortcutnya : tekan  [  untuk mengecilkan ukuran Brush : tekan ] untuk memperbesar ukuran Brush : tekan Shift + [ untuk mengurangi ketajaman brush ; tekan Shift + ] untuk menambah ketajaman brush  : pilih mode =  biarkan apa adanya atau pilij sembarang :  Opacity = 100 % ; Flow = 100 %.
  3. Sapukan pada area seleksi dalam hal ini background foto yang berwarna biru..
  4. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  5. Jadi


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger